Thursday, October 25, 2018

Cara MembuatPasir Kinetik

Nah, Ini Dia Beberapa Cara untuk Membuat Pasir Kinetik yang Bisa Moms Coba



Pasir kinetik merupakan salah satu mainan anak yang sedang cukup populer belakangan ini. Sebagai salah satu media permainan edukatif, pasir kinetik cukup banyak diminati sebab memiliki banyak manfaat seperti melatih imajinasi, media sensory play, hingga mengasah gerak motorik halus anak. Untuk dapat memfasilitasi anak dengan mainan ini, Moms tidak perlu mengeluarkan budget lebih. Pasir kinetik bisa kamu buat sendiri dengan bahan-bahan rumah tangga yang simpel dan sederhana. Tak percaya? Yuk, simak ulasan DIY cara membuat pasir kinetik berikut ini.

Pasir Kinetik Dengan Menggunakan Pasir dan Tepung Kanji
  • 3 gelas Tepung Kanji
  • 1 ½ gelas Air Mineral
  • 6 gelas Pasir Bersih, saring hingga halus

Campurkan bahan-bahan kering terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menyaringnya kembali agar tepung dan pasir benar-benar memiliki tekstur yang halus. Kemudian, masukkan air sedikit demi sedikit untuk memastikan tekstur pasir kinetik yang dihasilkan tidak terlalu cair.

Pasir Kinetik Dengan Menggunakan Tepung dan Baby Oil
  • 9 gelas Tepung Terigu
  • 1 ¼ gelas Baby Oil

Siapkan tepung terigu dalam sebuah wadah. Pastikan tapung terigu yang kamu siapkan sudah disaring sehingga memiliki tekstur yang halus. Kemudian, campurkan baby oil sedikit demi sedikit untuk memastikan semua tepung teraduk dan teksturnya pas.

Pasir Kinetik Dengan Menggunakan Tepung Kanji dan Minyak Sayur
  • 4 gelas Tepung Kanji
  • 3/4 gelas Minyak Sayur


Sama seperti pembuatan pasir kinetik sebelumnya, saring tepung kanji hingga benar-benar halus dan simpan pada wadah. Kemudian campurkan dengan minyak sayur sedikit demi sedikit hingga teksturnya pas dan tepung tercampur rata.


Material Tambahan

Secara keseluruhan bahan-bahan yang digunakan di atas cukup aman untuk dimainkan untuk digunakan oleh anak-anak. Jika kamu ingin memberikan warna atau aroma, kamu dapat mencampurkan adonan pasir kinetik dengan pewarna makanan dan serbuk minuman instan. Pencampurannya dapat disesuaikan, jika berbentuk bubuk masukkan bersamaan dengan bahan kering. Akan tetapi, jika basah atau cair, campur bersamaan dengan bahan cair.


 
 


EmoticonEmoticon