Monday, July 23, 2018

MANFAAT BERMAIN MAINAN TAYO




1.      Melatih Kemampuan Komunikasi dan bahasa

Anak bermain merupakan alat komunikasi. Anak akan memberikan balasan senyuman ketika dia diberikan senyuman. Anak akan merasa nyaman apabila orangtuanya menatap dengan mata yang teduh. Bagi anak yang belum mampu berkomunikasi secara verbal, menggambarkan dan bermain perean adalah bahasa dan komunikasi bagi mereka. Komunikasi mengenalkan anak dengan bagian-bagian mobil (roda, setir, sabuk pengaman, pintu, kunci, dan lain-lain) dan juga mengajarkan anak belajar kosakata dengan bagian-bagian mobil tersebut.

2.      Melatih Menanamkan Nilai

            Kemampuan membedakan jenis kelamin merupakan hal yang sangat penting dan ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini. Salah satunya adalah memilihkan mainan pada anak sesuai dengan kelaminnya sendiri. Mainan adalah media agar anak akan memahami fungsi sekaligus kedudukannya dalam pergaulan dengan teman-temannya.
Orangtua pasti tidak ingin anak laki-lakinya bertingkah laku seperti anak perempuan atau sebaliknya. Untuk itu, tidak ada salahnya kalau orang tua memberikan mainan mobil pada anak laki-lakinya. Pilihkan mereka mobil-mobilan yang aman dipakai dengan harga yang sesuai kemampuan. Hal ini juga bisa memberikan pelajaran pada anak bahwa sekali menerapkan pola hidup hemat.

3.     Mengenali warna dan meningkatkan kreativitas balita

Melihat beragam warna akan meningkatkan imajinasi si buah hati , sehingga dia bisa membayangkan bentuk lingkungan yang ada di sekitarnya. Warna juga membuat balita lebih kreatif. Agar otaknya lebih terasah, jangan hanya ditonton, tunjukkan gambar Tayo pada kertas lalu minta anak mewarnainya.


























EmoticonEmoticon